KULTWIT
You are here: Home » Kiprah » Catatan Kunjungan Bersama Fahri Hamzah ke Bumi Serambi Mekkah: Yang Kokoh Membaja (1)

Catatan Kunjungan Bersama Fahri Hamzah ke Bumi Serambi Mekkah: Yang Kokoh Membaja (1)

Mengingat Aceh adalah mengingat banyak hal. Kebesaran, keteguhan dan kepahlawanan. Sejarah masa lalu Aceh selalu sejarah tentang kebanggaan. Aceh pernah mengalami masa kegemilangan dimana kerajaan-kerajaan lampau ditempat Aceh sekarang berdiri adalah kerajaan yang mahsyur dalam catatan banyak pengelana dan penulis sejarah. Kemahsyuran itu tersebab karena kemakmuran dan kepemimpinan dalam perdagangan di kawasan sekitar.

Sebab lain kemahsyuran Aceh juga karena watak orang-orang Aceh yang teguh memegang prinsip. Kehendak rakyat Aceh untuk berdiri merdeka di atas kaki tanahnya sendiri seperti mantra kehidupan yang diwariskan dan tak pernah terputus. Maka melihat sejarah Aceh selalu saja melihat orang-orang yang gagah karena keteguhannya. Juga orang-orang yang teguh membangun kegagahan Aceh. Di tiap generasi kita melihat orang-orang itu.

Nama-nama seperti Sultan Malik as-Saleh, Laksamana Malahayati, Ratu Nahrasyiyah, Sultan Iskandar Muda, Panglima Polem, Tengku Cik Di Tiro, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, dan banyak lagi gemintang yang berpendar terang di langit sejarah tanah Aceh. Mereka bersinar dengan cerita-cerita menakjubkannya sendiri. Dan kita dibuat terkagum-kagum nan bangga. Seperti getar keinginan yang terus menerus hidup dalam hati kita untuk mengikuti jejak, menjadi apa yang orang sebut; pahlawan.

Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

viewporntube indobokep
Scroll To Top