KULTWIT
You are here: Home » Kiprah » Energi Adalah Kunci: Rangkaian Muhibah Fahri Hamzah ke Bumi Antasari

Energi Adalah Kunci: Rangkaian Muhibah Fahri Hamzah ke Bumi Antasari

fahri-hamzah-menolak-dipecat-pks-timyadi-3-700x400Hari ini, Kamis (6/10), Fahri Hamzah bersama beberapa stafnya akan melakukan kunjungan ke Banjarmasin. Lawatan ini dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat Kalsel. Juga dalam rangka berdiskusi dengan pemangku kepentingan di Kalsel.

Yang paling utama, soal industri ekstraktif yang dalam beberapa tahun ini menggeliat dengan masif di Banjarmasin. Termasuk tambang batubara. Harga Batubara sedang dalam posisi yang sangat tinggi dalam 17 bulan terakhir, setelah Cina kembali memutuskan dirinya untuk menjadi pelaku impor utama batubara Asia. Tentu saja, ini menarik minat para pelaku usaha bidang batubara untuk mengaktifkan tambang mereka setelah beberapa waktu bertahan dengan tingkat produksi yang rendah, atau bahkan menonaktifkan aktivitas pertambangannya.

Terlepas dari hiruk pikuk naiknya harga batubara, ada hal yang perlu kita cermati terkait pertambangan yang masif merobek lahan-lahan di Kalimantan dan Sulawesi. Yaitu dampak kerusakan lingkungannya yang dahsyat. Perlu formula kebijakan tata kelola pertambangan yang serius untuk diterapkan.

Dalam konteks yang lebih luas dan dalam dari sekedar pertambangan, kita juga perlu pikirkan tentang masa depan kebutuhan dan kemandirian energi di Indonesia. Ini tentang tata kelola energi. Perlu dipikirkan langkah-langkah progresif pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, tapi tetap memperhatikan dampak lingkungan dan sosial yang menyertai. Penemuan dan terobosan untuk memanfaatkan energi terbarukan dan ramah lingkungan di Indonesia harus menjadi keseriusan bersama. Dan ini menjadi pekerjaan rumah besar kita, karena energi adalah kunci masa depan kita, tentunya selain pangan dan air yang menjadi kebutuhan mendesak dan menjadi sumber krisis dunia.

Rangkaian kunjungan Fahri Hamzah ke Kalimantan Selatan dimulai sejak kedatangan pada Maghrib ini. Rombongan Wakil Ketua DPR RI langsung menuju Aula Rumah Dinas Walikota Banjarmasin. Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin adalah salah satu Presidium Wilayah Keluarga Alumni KAMMI Kalimantan Selatan. Selain beramah tamah dengan Walikota, Fahri Hamzah juga didaulat untuk melantik Presidium KA KAMMI Kalsel dan memberikan Orasi Kebangsaan dengan tema tentang “Masa Depan Kedaulatan dan Kemandirian Energi”. Setelahnya, Fahri akan melakukan diskusi non-formal tentang situasi sosial politik daerah dengan aktivis-aktivis Kalsel.

Esoknya, pada Jum’at (7/10), Fahri Hamzah dijadwalkan akan melakukan sarapan bersama Walikota Banjarmasin dengan menu khas Banjar. Lalu pada pagi hari juga, Fahri akan menghadiri acara Konsolidasi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Seluruh Indonesia Regional Kaltimsel di Kampus Universitas Lambung Mangkurat. Di sana, Fahri akan memberikan orasi tentang “Kebijakan dan Tata Kelola Energi di Indonesia”.

Fahri juga direncanakan akan memberikan khutbah Jum’at di Masjid Kampus Baitul Hikmah Unlam, dengan tema tentang “Islam, Hukum dan Keadilan”. Acara kunjungan Fahri Hamzah diakhiri dengan mengunjungi tempat wisata sungai di dalam kota Banjarmasin lalu meninggalkan kota tersebut dan kembali ke Jakarta pada Jum’at sore.

Tenaga Ahli Pendamping

Bambang Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

viewporntube indobokep
Scroll To Top