KULTWIT
You are here: Home » Kultwit » HAJI 2018 MAKIN BAIK, STANDARNYA HARUS DITINGKATKAN LAGI

HAJI 2018 MAKIN BAIK, STANDARNYA HARUS DITINGKATKAN LAGI

ALHAMDULILLAH. Saya tiba di Jakarta kembali. Bersamaan dengan kepulangan kloter-kloter awal jamaah haji Indonesia tahun ini.

Haji tahun ini secara teknis berjalan baik.
Tidak ada kejadian yang luar biasa kecuali adanya angin kencang yang merobohkan tenda dan menyingkap Ka’bah.

Seperti sering saya katakan, masalah haji hanya ada 2: soal teknis penyelenggaraan dan soal politik-diplomasi kenegaraan.

Soal pertama sangat bergantung pada soal kedua. Maka DPR RI terus menyempurnakan politik haji dengan lahirnya UU No. 34/2014 tentang BPKH.

Maksud dari UU itu adalah agar Badan Pengelola Keuangan Haji dipisahkan dengan regulator haji.

Sementara itu UU Haji dan Umroh juga sedang kita perbaiki agar aturan teknis penyelenggaraan haji dan umroh semakin tinggi standard-nya.

Saudi Arabia sekarang memiliki putera mahkota yang progresif. Mereka juga punya visi 2030 yang ingin agar Saudi Arabia lebih baik dan profesional serta berhenti mengandalkan minyak mentah sebagai sumber pembiayaan negara.

Maka mereka perbaiki haji dan umroh serta pariwisata.

Indonesia harus bisa secara progresif menjadi mitra Saudi Arabia sehingga berpindah dari sekedar menjadi konsumen haji untuk kemudian menjadi produsen haji.

Dalam pengertian bahwa Indonesia harus masuk ke bisnis infrastruktur dan pelayanan haji secara keseluruhan.

Tapi visi itu, sekali lagi memerlukan negara yang bisa naik kelas di mata Arab Saudi dan negara Islam lain yang sudah terlibat menjadi produsen haji seperti Turki, dan negara Arab sekitarnnya.

Inilah pentingnya diplomasi yang lebih agresif.

Kepada jamaah haji tahun ini saya mengucapkan Selamat Kembali ke Tanah Air, semoga beroleh haji yang mabrur dan memberikan keberkahan bagi bangsa dan negara kita.

Taqabbalallahu minna wa minkum.
Sholihul amal.
Amin YRA.

Twitter @Fahrihamzah 27/8/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top