KULTWIT
You are here: Home » Kultwit » ISRA’ MI’RAJ DALAM SUASANA CORONA.

ISRA’ MI’RAJ DALAM SUASANA CORONA.

Hari ini ada peristiwa Isra Miraj 1441 H yang belum sepenuhnya bisa dicerna akal manusia.. Bagi muslim, perjalanan dari masjidilharam di Makkah menuju Al-Aqsa di Palestina lalu berlanjut ke langit yang disebut Sidrat Al-Muntaha untuk menerima perintah sholat 5 waktu hanya semalam.

Peringatan Isra Miraj 2020 selalu istimewa karena perjalanan ini memberikan keistimewaan kepada Nabi Muhammad SAW. Hanya beliau yang sampai kepada pohon keabadian (Sidrat Al-Muntaha) itu. Dan di sana perintah sholat langsung diterima untuk ummatnya. Ini semua peristiwa iman.

Di samping iman, selalu ada tantangan untuk membuktikan bahwa sesuatu yang sebelumnya dianggap misteri dan mustahil akhirnya bisa dibuktikan secara ilmiah. Lalu kita gembira bahwa iman kita terbukti secara saintifik. Tapi, itulah hidup di dunia penuh dialektika sebelum iman.

Sekarang, kita merayalan Isra Miraj 2020 dalam suasana pandemi Corona virus yang menggemparkan ummat manusia. Ada penjelasan ilmiah atas semua kejadian tapi bagi yang yakin pasti ada yang tak bisa dijelaskan sehingga datang tiba-tiba tak terbaca dari mana mau ke mana.

Maka, jika hikmah ingin kita petik pada momen Isra Miraj 1441 H ini adalah dialog dan doa yang diajarkan kepada Nabi SAW dalam perjalanan. beliau diajarkan banyak berzikir selain istigfar, adalah la haula wala quwwata illa billah. Tidak ada daya upaya kita kecuali Allah SWT.

Maka rasanya, pada tanggal 27 Rajab 1441 ini, memasuki sebulan menjelang Ramadan 2020 maka kita sepertinya perlu banyak introspeksi dengan kejadian luar biasa (KLB) yang kita hadapi. Memang semua harus kembali pada perbaikan diri barulah lingkungan bisa diperbaiki.

Selamat memperingati Isra Miraj 1441 H bagi kaum muslimin. Semoga musibah ini ada hikmahnya bagi perbaikan ummat dan bangsa kita ke depan.
Semoga Bangsa Indonesia kita bangkit dan maju memenangkan perlombaan menegakkan kebaikan pada dunia kita yang semakin perlu perbaikan.

Twitter @Fahrihamzah 22/3/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top