KULTWIT
You are here: Home » Kiprah » TIMWAS TKI DORONG PERCEPATAN PEMBAHASAN RUU PERLINDUNGAN TKI DI LUAR NEGERI

TIMWAS TKI DORONG PERCEPATAN PEMBAHASAN RUU PERLINDUNGAN TKI DI LUAR NEGERI

Tim Pengawas TKI (Timwas TKI) DPR RI pagi ini (12/4) melakukan rapat internal sebagai tindak lanjut kegiatan Timwas yang sudah berjalan.

Rapat yang dipimpin ketia Timwas, Fahri Hamzah, ini mencatat 2 hal penting yang harus dilakukan, yaitu percepatan pembahasan RUU PPTKILN dan respon terhadap kebijakan amnesty oleh Malaysia dan Arab Saudi yang sedang berlangsung.

Sebagaimana diketahui, RUU PPTKILN telah mengalami 4 kali perpanjangan masa sidang. Hal ini tentu menimbulkan masalah di lapangan. Karena UU yang berlaku saat ini belum mampu mengatasi permasalahan pokok TKI. Mandegnya pembahasan yang lebih dikarenakan belum ada kesepahaman di kalangan pemerintah sendiri, perlu didorong oleh DPR agar segera diselesaikan. “Kami menghimbau pemerintah dalam hal ini presiden agar berkoordinasi dengan pihak-pihak yang diutus dalam surpres. Semakin ada satu badan yang bertanggung jawab, semakin baik” ujar Fahri. Hal ini mengingat pemerintah cenderung masih ingin mempertahankan sistem lama dimana operator dan regulator tetap jadi satu.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah adanya ketidakadilan dalam kebijakan pemerintah terkain pengiriman TKI. Selama ini di negara-negara non Timur Tengah dianggap tidak ada masalah (padahal ada), sementara negara Timur Tengah yang sebenarnya tidak ada masalah yang serius malah dilakukan moratorium. “Kita perlu merespon perubahan kebijakan perlindungan pekerja migran di negara Timur Tengah dengan cepat, salah satunya amnesty TKI non prosedural di Arab Saudi yang tengah berlangsung” tutup Fahri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top