KULTWIT
You are here: Home » Kultwit » KONSTITUSI ADALAH JAMINAN KESELAMATAN RAKYAT

KONSTITUSI ADALAH JAMINAN KESELAMATAN RAKYAT

Salus Populi Suprema Lex Esto

Arti Benar:
“Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi”

Arti Salah:
“Konstitusi Boleh Dilanggar Untuk Keselamatan Rakyat”

Jika eksekutif ingin menterjemahkan sepihak konstitusi atau meninggalkannya atas nama keselamatan rakyat maka eksekutif itu ada di ujung tanduk.

Tapi yg kita sayangkan karena narasi ini bersumber dari kaum machiavellian, tujuan menghalalkan cara.

Saya sudah nonton utuh penjelasan Prof Mahfud MD di Kompas TV dan contoh yang beliau pakai untuk menjelaskan prinsip “Salus Populi Suprema Lex Esto” adalah revolusi dan bencana alam.

Agak aneh karena pergantian keluasaan di tengah jalan dijadikan contoh. Seperti kuliah.

Andaipun pernyataan beliau muncul di ruang kelas tetap saja ada bias. Sejak Cicero, sampai kaum Machiavellian, selalu ada yang ingin “memudahkan” pemimpin memanfaatkan alasan “keselamatan rakyat” sebagai pembolehan tindakan sepihak eksekutif. Ini penyakit!

Jadi, konstitusi adalah jaminan keselamatan rakyat dari kecenderungan kekuasaan absolut yang menyimpang. Menganggap pemimpin akan selalu punya niat baik karena itu ia diperbolehkan melanggar hukum adalah ganjil dan dangkal. Ini juga awal mula dari ideologi fasis. Ini akademik juga!

Dalam paham Konstitusionalisme justru situasi darurat dan bencana harus diantisipasi oleh hukum. Konstitusi wajib membatasi kemungkinan ekstensi kekuasaan eksekutif dengan melanggar hukum apapun keadaanya. Perpu misalnya, sebagai UU sepihak, tapi dibatasi oleh perserujuan DPR.

Adapun terkait revolusi atau kehendak rakyat untuk menurunkan kekuasaan di tengah jalan (seperti contoh Prof Mahfud) tidak termasuk peristiwa yang dapat dijadikan argumen “keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi”. Revolusi tidak terkait keselamatan rakyat.

Demikianlah, saran saya Prof Mahfud lebih tajam melihat situasi penegakan hukum dan keadilan di negeri ini.

Sebagai guru besar hukum yg mengkoordinir sektor hukum, HAM dan Polkam, kita titipkan semuanya serta minitipkan doa keselamatan dan kemanan bagi beliau. Amin YRA.

Twitter @fahrihamzah 20/3/21
Songot Sakera, [Mar 20, 2021 at 11:06]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top